Itinery Jepang (Tokyo, Sapporo, Osaka, Tokyo) Part I

Jepaaaaaaaang, yeay siapa yang pengen banget ke Jepang tapi bingung tujuannya kemana aja? Nih aku kasih itinery santai perjalanan selama 11 Hari ke Tokyo - Sapporo - Osaka - Tokyo. Kenapa aku pilih rute ini? Soalnya tiketnya udah dipesen jauh - jauh hari dengan rute PP dari Bandara yang sama, yaitu Narita. Kalian bisa buat alternatif lain misal berangkat turun di Tokyo dan pulang dari Osaka. Tapi itinery yang akan aku bahas kali ini adalah itinery PP dari Tokyo tapi keliling ke Sapporo dan Osaka, kok bisa? Bisa banget, ikutin nih itinerinya.

Perlu diketahui juga nih, bandara di Tokyo itu ada 2 yaitu Narita dan Haneda. Kalian gak usah bingung mau turun dimana, karena menurutku sama aja, kita bisa kemanapun menggunakan Shinkansen atau Narita Xpress untuk menuju ke Tokyo, tergantung maskapai penerbangan yang kalian gunakan. 

Perlu diingat ya, itinery ini adalah itinery santai yang aku buat, kalian bisa menambahkan tujuan lain sesuai keinginan, kalo aku pribadi lebih suka menikmati perjalanan, jadi gak setiap tempat harus di datengin. Mungkin kalian punya tujuan rekomendasi lainnya, yuk sharing di komentar. Ini daftar itineryku mengikuti arah mata angin, loh.

Day 1 : Perjalanan Jakarta - Tokyo
Day 2: Tiba di Tokyo, lanjut Shinkansen ke Sapporo
Day 3: Explore Rusutsu Resort Sapporo
Day 4: Explore Asahiyama Zoo, Asahikawa Winter Festival, Otaru Canal, Odori Park
Day 5: Perjalanan dari Sapporo ke Osaka, Dotombori
Day 6: Explore Universal Studio Japan, Dotombori
Day 7: Osaka Castle, Orange Street,
Day 8: Perjalanan dari Osaka ke Tokyo, Asakusa, Sensoji Temple
Day 9: Explore Shibuya, Ginza, Shinjuku
Day 10: Explore Asakusa, Shinjuku, Harajuku
Day 11: Perjalanan Tokyo - Jakarta

Mau tau cerita lengkap perjalanannya? Yuk lanjut baca.
Love Window Seat


DAY 1 (28 Desember 2019)
Ini merupakan pertama kali aku pergi ke Jepang, kalo dibilang ribet enggak juga, karena udah pernah pergi ke negara - negara lain (sombong, loh), cuma yang jadi perhatian kali ini karena aku perginya di musim dingin dan salju (khususnya Sapporo) jadi ada barang - barang tertentu yang harus aku bawa selama musim dingin. Untuk kalian yang bingung mengenai barang apa aja yang perlu dibawa, klik disini.

Kalo aku pribadi bawa 1 koper besar, 1 koper kecil dan 1 ransel kecil. Koper besar untuk baju-baju yang tidak dipakai saat itu juga dan untuk kebutuhan selama di Jepang. Koper kecil untuk jaket dan baju ganti, sendal hasil ngambil di hotel untuk digunakan di pesawat. Kalo jaket penting banget kalian pisahin di koper kecil, soalnya kan udah jelas Sapporo lagi musim dingin, pasti butuh jaket, daripada kita ribet bongkar koper gede, ada baiknya sudah dipisahkan di koper kecil. Nah kalo ransel untuk laptop, dompet, obat dan keperluan penting lainnya. 
Aku Tim Koper dan Ransel
Penerbangan PP kali ini aku pake Garuda Indonesia, kenapa? Soalnya cinta Indonesia. Tapi selain itu karena kebetulan aku ada member Garuda Miles, jadi ada bonus tambahan bagasi kalo kelebihan. Nah khusus ke Jepang Garuda Indonesia memberikan bagasi yang cukup besar, yaitu 46kg. Dibandingkan dengan maskapai lainnya, ini paling besar menurutku, dan karena aku ada member Garuda Miles yang saat ini masih Gold, dapat tambahan bagasi lagi 15kg, jadi total bagasi yang aku dapat 61kg dan menurutku ini lebih dari cukup. Bagasi jadi hal utama yang harus aku pertimbangkan, soalnya emang di Jepang ini niatnya mau sekalian belanja dan buka jastip, pernah punya pengalaman waktu pulang dari Nepal over bagasi dan harus bayar biaya bagasi yang cukup besar. Makanya sekarang belajar dari pengalaman sebelumnya biar gak ada lagi cerita overload bagasi. Emang sih kali ini bagasi gak overload, tapi bea cukai yang overload belanja dan harus diperiksa, haha. Gimana ceritanya? Lanjutin baca aja

Untuk penerbangan menggunakan Garuda Indonesia ada yang direct ada juga yang transit di Bali, kemarin aku pilih yang transit di Bali. Saran aku kalian mending pilih yang direct, soalnya transit juga percuma gak bisa kemana - mana karena cuma transit kurang lebih 4 jam. Waktu itu pesawat dari Jakarta sekitar jam 16.25 WIB dan sampe Bali itu jam 19.30 WITA. Dan penerbangan ke Tokyo dari Denpasar jam 00.45 WITA sampe Tokyo 08.50 Waktu Tokyo.

Dari jakarta semua aman, gak ada kendala. Bahkan bagasi kita gak perlu diambil pas di Bali, jadi langsung di oper ke pesawat yang ke Tokyo oleh pihak Maskapai, dan bagasi kita ambil pas sampe di Tokyo, simpel banget kan. Cuma ada kendala saat masuk ke ruang tunggu setelah imigrasi, kenapa? Yah namanya penerbangan kurang lebih 7 jam dari Denpasar ke Tokyo, aku udah inisiatif donk bawa camilan, teh kotak, saos sambel sama bon cabe. Aku lupa kalo batas bawa cairan itu 100ml yang bisa dibawa ke cabin, akhirnya itu teh kotak ada mungkin 4 kotak, saos sambel padahal botol kecil (tapi isinya 120ml kalo gak salah), sama bon cabe gak bisa dibawa, huhu sedih, tapi memang sudah peraturannya begitu. Akhirnya aku minta mbaknya jangan dibuang biar diminum aja, karena sayang, iya kalo udah sayang susah sih, loh. Padahal bon cabe itu mau dipake pas makan ramen. Tapi untung di koper bagasi udah misahin saos sambel sama teh kotak yang lain, jadi pas di Jepang masih bisa minum teh kotak sama makan saos sambel sebagai pelengkap, haha.

Dan akhirnya 7 jam perjalanan yang gak bisa tidur, padahal pesawat dini hari, perjalanan kali ini dapat 2x makan, yang pertama snack semacam roti (mungkin karena sudah dini hari) dan pagi harinya baru makan nasi. Tetep pilih tempat duduknya samping jendela, kenapa? Suka aja lihat pemandangan di atas awan. Masyaa Allah.
Kamu, tim duduk dimana?


Day 2 (29 Desember 2019)
Finally, yeaaaaaaay akhirnya sampe di Tokyo. Kesan pertama sampe di Tokyo adalah bersyukur, akhirnya bisa menginjakkan kaki disini, tapi kesan bandaranya sih biasa aja. Gak ada yang terlalu istimewa, cuma pas masuk ke imigrasi baru kelihatan keramahan orang - orang Jepang. Pas di imigrasi itu ada Ibu - Ibu yang ngarahin dengan senyum dan cek kartu imigrasi kita apakah udah diisi atau belum. Owh iya, untuk ke Jepang, pertama kalian harus punya visa waiver ya, nanti pas di Imigrasi soalnya akan ditanyakan, visa waiver ini ditempel di paspor dan jangan lupa isi kartu Imigrasi yang biasanya sudah dibagikan saat di pesawat.
Paspor - Visa Waiver - Stiker Landing Permission - Arrival Card
Tips: Kalo kalian mau tuker Bukti Pembelian JR Pass dengan JR Pass, pastikan kalian masuk ke counter imigrasi yang ada petugasnya, jangan yang automatic gate, soalnya kalian gak akan dapet stiket kedatangan. Nah kalo kalian mau tuker JR Pass, paspor kalian harus tercantum stiker kedatangan ini, bahkan di beberapa tempat belanja akan dicek stiker kedatangan kalian.

Yeaaay, cap kedatangan udah, stiker kedatangan juga udah, waktunya keluar bandara. Hal pertama yang kalian lakukan adalah? Ambil bagasi, inget kalian bawa bagasi apa enggak. Jangan sampe bagasi ketinggalan di bandara dan lupa di bawa. Setelah bagasi aman, lanjut ke tempat penukaran JR Pass, umumnya tempat penukaran ini tersedia di seluruh area Jepang, cuma di bandara Narita Terminal 1 ada di lantai bawah setelah kedatangan. Untuk detail lengkap soal JR Pass dan cara tukernya, silahkan klik disini.
JR Pass yang siap digunakan
Setelah JR Pass udah di tangan, waktunya kita memanfaatkan JR Pass ini biar gak rugi, soalnya harganya agak mahal loh, harus dimanfaatkan dengan baik, biar gak mubazir. Kebetulan aku beli yang Green Pass loh, ya semacam kelas bisnis gitu, kok gaya-gayaan sih beli yang Green Pass, kenapa gak yang Ordinary aja? Ya mumpung pertama kali, coba yang bagus sekalian biar gak sombong nantinya, haha. Nah karena tujuan pertama adalah langsung ke Sapporo, pas Tiket JR udah kita dapet, kita sekalian aja reserve seat untuk kereta ke Sapporo, tempat reservenya bisa di tempat kita tuker tiket JR tadi, gunanya reserve seat ini biar kita dapet kepastian kursi, ada juga sih gerbong yang non reserve seat, cuma khawatir kalo lagi penuh, bisa - bisa kita berdiri deket toilet. Untuk ke Sapporo kita harus transit 2x dari Narita Airport. Pertama ke Tokyo dulu lanjut Shinkansen ke Shin-Hakodate, kemudian dari situ lanjut lagi ke Sapporo Station. Dan sedihnya nih, ternyata kata mbaknya tiket untuk reserve seat ke Shin Hakodate yang dari Tokyo udah penuh donk, soalnya lagi High Season, kalo mau kita gak usah reserve seat, tapi antri di gerbong yang non reserve, uwaaaah kalo gak dapet kursi gimana ini? Apa iya berdiri berjam-jam? 

Tapi beneran orang Jepang itu ramah-ramah dan bantu maksimal, akhirnya mbaknya suruh aku tunggu, dia mantengin itu komputer sambil cari - cari kali aja ada yang kosong. Kurang lebih 10 menit dan alhamdulillah, mbaknya bilang ada kursi reserve seat terakhir tapi jam 4 sore, dan itupun bukan Green Car, tapi Ordinary Car. Aku bilang gpp, yang penting dapet kursi semua perjalanan dari Narita ke Sapporo. Berasa dapet undian, soalnya kursi terakhir. Serius orangnya ramah banget mau bantu, padahal antrian di belakang masih panjang loh. Jadi untuk ke Sapporo dari Narita itu rute Shinkansennya begini:

Narita Airport ke Tokyo Station
Tokyo Station ke Shin-Hakodate Hokuto Station
Shin-Hokudate Hokuto Station ke Sapporo Station

Cuma yang dari Tokyo ke Shin-Hakodate dapetnya Ordinary Car, padahal JR Passku Green Pass. Tapi alhamdulillah yang penting dapet kursi, soalnya Green Car udah penuh. Enaknya kalo kalian Green Pass dan ternyata penuh, kalian bisa naik yang Ordinary Pass. Tapi gak berlaku sebaliknya, hehe. Kalo dihitung - hitung nih, biaya dari Narita ke Sapporo hampir seharga kalian beli JR Pass, jadi wajib banget buat kalian beli JR Pass kalo memang mau perjalanan jauh. Sekali bayar, pakenya berkali - kali dan unlimited sesuai pembelian berapa hari.
Narita Express dari Narita Airport ke Tokyo
Green Car
Yakin gak mau coba Green Car?
Dapet makan? ENGGAK. Cuma dapet Tissue basah
Untuk pindah dari satu kereta ke kereta lain juga gampang banget, kalian tinggal cocokin nama kereta dan jamnya, maka kalian akan di arahkan ke gate berapa kereta kalian akan muncul. Cuma yang agak pusing pas di Tokyo, kalo kalian pernah ke Singapore dan ke Bugis Station atau apa gitu untuk pertemuan beberapa line MRT, nah di Tokyo ini lebih parah, aku sampe bingung karena kebanyakan orang.

Perjalanan dari Narita ke Sapporo memerlukan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan dengan 3 kali ganti kereta. Kalo kalian belum makan, usahakan beli sushi bungkusan dan air minum yang ada di stasiun, di dalem kereta ada juga yang jualan, tapi cuma snack dan sejenis pop mie gitu, kalo aku sih gak kenyang. Nah uniknya nih, pas kalian beli minuman di vending machine, minumannya ini ada pilihan panas dan dingin loh, woooow, maklum aku baru pertama kali beli minuman panas di vending machine, biasanya kan di Indonesia cuma dingin aja. Mungkin karena di Jepang ada musim dingin, jadi ada pilihan minuman panas.
Nunggu kamu, Shinkansen
Karena di pesawat susah tidur, akhirnya di kereta ini pules banget setelah makan sambil set alarm untuk perkiraan tiba di stasiun berikutnya, biar gak keterusan buat pindah kereta, soalnya kereta di Jepang selalu tepat waktu kecuali ada kendala tertentu. Dan finally, sampe di Sapporo Station tengah malem donk, karena dapet kereta dari Tokyo kan jam 4 sore. Dan pas turun sampe bingung, karena udara di Sapporo dingin banget, cek suhu udah -3C. Langsung ambil jaket yang udah disiapin di koper kecil. Saatnya lanjut ke arah hotel, dan kali ini aku nginep di Unizzo Inn Sapporo, jaraknya sekitar 500m dari Sapporo Station, jadi masih bisa dijangkau dengan jalan kaki. Review hotelnya gimana? Klik disini.

Saat mau cari arah hotel, kembali aku menemukan keramahan orang Jepang, saat di stasiun aku bingung hotelku ke arah mana, soalnya mapnya muter-muter gak jelas. Akhirnya ada 2 orang cewek yang lagi duduk deket mesin penghangat, aku coba deketin dan tanya pake bahasa Inggris mengenai letak hotelku. Dan respon mereka antusias loh, mereka ngasih tau arahnya dan mau nganterin ke hotel, whaaaaat? Sampe segitunya. Aku bilang gak usah, nanti ngerepotin, minta arahnya aja keluar dari pintu yang mana. Setelah sama-sama ngotot aku gak mau dianter mereka mau anter, akhirnya mereka ngalah dan ngasih tau arahnya dengan jelas banget, karena memang gak terlalu jauh dari hotel. Akhirnya aku pamitan dan bilang terima kasih, mereka senyum ramah banget dan antusiasnya masih kelihatan. Tapi aku berlari ke arah berlawanan dengan petunjuk mereka, langsung diteriakin doooonk oni-chaaaaan (artinya kakak laki-laki dalam bahasa jepang) dan orang sekitar pada lihatin, katanya aku salah jalan, harusnya kesana. Terus aku bilang, iya aku mau ke toilet dulu, kita semua ketawa dan pamitan lagi. Seramah itu ya orang Jepang, jadi pengen bawa satu, eh.

Aku dengan santai keluar stasiun menuju arah hotel, dan apa yang terjadi? Gak sampe satu menit menuju jalan raya aku masuk stasiun lagi, ternyata di luar dingin parah. Menurutku lebih parah dari pegunungan Himalaya (pernah kesana loh). Buka koper lagi ambil syal sama penutup telinga, dan coba keluar lagi, masih dingin tapi lebih baik karena kuping sama leher sudah tidak terlalu dingin. Kurang lebih jalan kaki selama 10 menit sudah sampe hotel. Hotelnya juga pas dipinggir jalan, jadi mudah di temukan. Check ini gak sampe 5 menit udah selesai, saatnya masuk kamar, berendem air hangat dan tidur, karena waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 dini hari. Nikmatnya itu, saat kalian habis dari luar kedinginan, masuk hotel dengan hawa hangat, nikmaaaaat. Biasanya di Indonesia cari tempat yang acnya dingin, disini justru cari yang hangat. Akhirnya 2 hari perjalanan panjang Jakarta - Sapporo ditutup dengan istirahat. Jangan ditiru, mungkin kondisi fisik setiap orang berbeda.

Cerita selanjutnya, klik disini.

You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan etika yang baik, untuk maksud baik dan tujuan yang baik.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak.

Top Categories